KATA PENGANTAR
Segala puji hanya milik Allah SWT semata, yang maha pemurah lagi maha penyayang, shalawat serta salam kita curahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW.
Alhamdulillah penulis dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah yang berjudul “ FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA”. Karya ilmiah ini disusun untuk memenuhi salah satu mata kuliah Bahasa Indonesia.
Dalam kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam menyelesaikan karya ilmiah ini yang tidak bisa penulis sebutkan satu persatu namanya.
Semoga Allah membalas segala amal baik kita. Amiin .
Dan semoga karya ilmiah ini bermanfaat bagi penulis sendiri dan umumnya bagi pembaca. Amiin.
Majalengka, Juni 2011
Penulis
i
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Prestasi merupakan harapan dan kebanggaan bagi siswa, orang tua, guru dan masyarakat. Namun tidak semua orang bisa berprestasi, harus ada usaha dan kerja keras juga dukungan dari berbagai pihak. Hal ini menjadi permasalahan kita semua yang harus ditanggulangi dan dipecahkan.
B. Rumusan Masalah
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah di atas, dapat dirumuskan sebagai berikut :
1. Faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa ?
2. Apakah faktor intern itu ?
3. Apakah faktor ekstern itu ?
C. Tujuan Masalah
Ø Tujuan Umum :
Ingin mengetahui tentang faktor-faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar secara luas.
Ø Faktor khusus :
1. Ingin mengetahui apa saja faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa.
2. Ingin mengetahui faktor intern
3. Ingin mengetahui faktor ekstern
1
BAB II
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRESTASI BELAJAR SISWA
Prestasi belajar yang dicapai seorang siswa merupakan hasil interaksi dari berbagai faktor yang mempengaruhinya, baik factor intern maupun ekstern. Lebih jelasnya factor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa tersebut antara lain :
A. Faktor Intern
Yaitu semua faktor yang ada pada diri pribadi siswa baik jasmaniah maupun rohaniah atau biasa dikatakan baik fisik maupun psikhis.
v Faktor minat
Jika dalam diri siswa kurang adanya minat dalam belajar, dapatlah dilihat siswa tersebut akan memperoleh nilai yang kurang sehingga prestasi yang dicapainya pun kurang memuaskan. Akan tetapi bila minat belajarnya baik atau bertambah, maka siswa akan memperoleh nilai prestasi yang lebih baik sesuai dengan yang diharapkan.
B. Faktor Ekstern
Yaitu semua faktor, keadaan atau kondisi atau situasi di luar diri pribadi siswa. Yang ada pada faktor ini meliputi :
1. Faktor teknik atau pendekatan belajar
Jika keadaan faktor intern dan ekstern sudah baik, maka agar proses belajar dan hasilnya baik haruslah hal itu ditunjangi pula oleh teknik belajar yang baik. Teknik belajar ini digunakan untuk menunjang belajar siswa agar belajar itu efektif dan efisien sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi belajar.
v Alat peraga
Alat peraga sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa, karena dengan alat peraga siswa mendapat pengalaman langsung atau pengalaman konkrit.
v Buku pelajaran
Siswa yang mempunyai buku pelajaran yang lengkap prestasinya akan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang tidak mempunyai buku pelajaran sama sekali,
2
karena buku pelajaran selain mendapat penjelasan-penjelasan dari guru, siswa juga dapat melihat cara dan penjelasan yang ada dalam buku pelajaran, sehingga siswa lebih faham dan mengerti materi pelajaran.
v Alat ukur
Untuk menentukan prestasi belajar tentunya diperlukan suatu alat ukur yang valid dan reliable. Dan untuk dapat menyusun alat ukur hasil belajar yang valid dan reliable tersebut diperlukan butir-butir soal yang baik, yang dikenal dengan istilah tes prestasi belajar. Dan tes hasil belajar tersebut manifestasinya harus dengan di diteksi dalam term-term kognitif, afektif, dan psikomotor.
1. Faktor Lingkungan
a. Keluarga
Lingkungan keluarga merupakan yang paling dekat dan yang pertama kali dikenal oleh anak. Lingkungan keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Dalam keluarga, terutama orang tua sangat memegang peran penting untuk meningkatkan perkembangan dan prestasi belajar anak. Tanpa dorongan dan rangsangan orang tua maka perkembangan dan prestasi belajar anak akan mengalami hambatan. Selain dorongan dari orang tua factor lingkungan juga sangat mempengaruhi dan menunjang prestasi belajar anak. Henry N. Siahaan mengemukakan, “ dalam upaya meningkatkan prestasi belajar anak faktor lingkungan juga menunjang, yang tidak kalah pentingnya dengan faktor rangsangan dan dorongan dari orang tua. Faktor-faktor lingkungan yang dimaksud adalah sebagai berikut :
- Tempat belajar, yang dimaksud adalah dengan adanya ketenangan, tempat tersendiri, warna dinding yang tidak mencolok atu silau, bersih, cukup penerangan, dan ventilasi udara, serta ruangan yang cukup memadai.
- Adanaya pembagian waktu
- Alat – alat pelajaran perlu dipersiapkan sebelum belajar
- Suasana tenang, waktu belajar sudah member motivasi yang baik pula, karena dalam proses belajar yang demikian akan menentukan dan mempengaruhi prestasi belajar anak.
- Pergaulan anak, pergaulan yang baik dapat memberikan dampak positif dan mendukung untuk memperoleh prestasi belajar anak. Namun jika pergaulan yang negatif bisa memperburuk prestasi belajar anak.
3
- Memerlukan ketekunan dan ketabahan
Ellen G. White dalam Henry N. Siahaan mengemukakan, “biarlah anak dan orang muda belajar bahwa setiap kesalahan, setiap kekeliruan, kesulitan, dan kekalahan menjadi satu loncatan kepada perkara-perkara yang lebih baik dan prestasi yang lebih tinggi. Dengan mengalami pengalaman ketekunan dan ketabahan yang demikianlah semua orang atau anak muda yang pernah membuat hidup ini bernilai atau berharga, bagi orang-orang yang ingin mencapai kemajuan dan sukses”.
a. Lingkungan tempat tinggal
Lingkungan tempat tinggal siswa yang baik dapat menunjang terhadap keberhasilan siswa dalam belajar, karena siswa merupakan bagian dari masyarakat di tempat tersebut, sehingga mau tidak mau pengaruh dari masyarakat tempat tinggal siswa akan mempengaruhi tingkah laku dan kepribadian siswa dalam mencapai prestasi belajar. Sebaliknya apabila lingkungan tempat tinggal siswa jelek, maka akan berpengaruh jelek pula dalam mencapai prestasi belajar.
b. Lingkungan sekolah
Lingkungan sekolah yang dimaksud disini yaitu lingkungan sekolah dimana sekolah tersebut berada, apakah dekat terminal, dekat jalan raya, dekat pasar, dekat pabrik, dekat pantai yang kedengaran gemuruhnya air, atau di tempat yang nyaman dan sejuk yang jauh dari kebisingan dab pencemaran.
Lingkungan sekolah yang dapat menunjang proses belajar yang baik adalah di tempat yang nyaman dan sejuk jauh dari kebisingan dan pencemaran, dengan kata lain lingkungan yang betul – betul menunjang terhadap kelangsungan proses belajar mengajar.
4
BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Kita sebagai orang peduli terhadap pendidikan tentunya mengaharapkan prestasi belajar siswa dapat berhasil baik, dengan kata lain semua siswa yang belajar pada sekolah kita dapat mencapai prestasi yang diharapkan, tapi kenyataannya harapan itu tidak dapat mencapai tujuan yang diinginkan. Walaupun demikian kita tidak usah rendah hati atau takut disalahkan oleh pihak atau orang lain, karena keberhasilan prestasi belajar siswa tidak tergantung pada factor-faktor pendidik saja, karena demikian banyak factor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa.
5
DAFTAR PUSTAKA
1. Djajadisastra, Yusup. 1982. Psikologi Perkembangan dan Psikologi Pendidikan. Bandung: DEPDIKBUD.
2. Karaf, Gorys. 1980. Tata Bahasa Indonesia. Ende: Nusa Indah.
3. Siahaan, Henry. 1986. Peranan Ibu Bapak Mendidik Anak. Bandung Angkasa.
iii
SEMOGA BERMANFAAT
TERIMA KASIH :D :D