Sabtu, 23 Maret 2013

Biografi Tokoh Mancanegara



Kate Denborough
 
Kate Denborough menyelesaikan sekolah tari di Victorian College of the Arts pada tahun 1994, setelah sebelumnya mengikuti pendidikan di Canberra. Pada tahun 1996 ia mendirikan Kage Physical Theatre bersama Gerard Van Dyck. Sebagai pemimpin Kage, Denborough terlibat dalam berbagai fungsi pada semua produksi ansambel itu: Ia mengembangkan karya-karya itu, menjadi sutradara dan/atau berdiri di atas panggung. Pada tahun 2004 Denborough meraih Australian Dance Award untuk pencapaian yang menonjol di bidang tari bebas untuk produksinya Nowhere Man bersama Kage.
Denborough sudah berkolaborasi dengan ansambel seperti Chunky Move, Australian Dance Theater, serta compagnie par.b.leux (Montreal). Pada tahun 2003 ia menjadi koreografer selama kunjungan kerjanya di Dance Box di Osaka. Sebagai pemimpin kelompok yang terdiri dari enam seniman Australia ia melakukan kunjungan kerja ke Nagoya, Jepang, pada tahun 2005 dalam rangka World Expo. Belum lama ia menyutradarai pertunjukan solo Frank Woodley Possessed dan menjadi koreografer Pink Lines untuk Tasdance.

Pernyataan seniman
“Ambillah keemosionalan dan resonansi opera.
Lebih-lebihkan keduanya.
Tuangkan ke dalam wujud ragawi.
Kemudian hilangkan nyanyian.
Dan kedipkanlah mata.
Ambillah sensualitas seorang penari dan berikan kepada seorang pegulat.
Ambillah nonsens yang mengasyikkan dan ubahlah menjadi keindahan.

Sebagai koreografer saya berupaya menghasilkan karya yang sama seringnya diterima dengan rasa seperti dengan akal: Penampilan fisikal yang secara teknis menantang dan secara visual mengejutkan, yang menjadi landasan untuk mengolah kesubtilan dari pengalaman. Kerja saya sangat dipengaruhi oleh penampil yang memiliki baik kecakapan jasmani maupun kemampuan berperan. Saya ingin berkarya bersama pemeran-pemeran multibakat, yang bersedia melakukan eksperimen dengan bahasa penampilan yang baru dan menyelaminya. Di dalam karya-karya saya, saya berupaya meleburkan intuisi yang kuat untuk desain visual dengan tari yang sangat fisikal, bahkan nyaris akrobatis, serta dengan teks dan drama. Gairah saya ada pada tari yang memancing tawa dan yang berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami dan orisinal.
Proses kerja saya banyak melibat improvisasi dan ‘pemberian tugas’. Saya suka bereksperimen dengan gerakan dan gagasan melalui tubuh-tubuh yang berbeda. Saya dengan senang hati mendorong para penari untuk mengembangkan bahasa gerak masing-masing, yang membedakan mereka dari orang lain. Saya terinspirasi oleh teater absurd. Saya sering menemukan ilham di dalam sketsa dan karakter dari kehidupan saya sehari-hari. Saya menikmati kerja sama dengan orang-orang yang memiliki latar belakang dan kisah hidup yang berbeda-beda.
Kerja saya merayakan kemanusiaan yang umum, tokoh-tokoh yang sangat biasa, dan menggarisbawahi kemesraan ragawi melalui adegan-adegan yang mengejutkan dan penuh humor dari kehidupan sehari-hari. Estetika saya bisa dilihat sebagai gabungan gaya dan jiwa performance yang khas, yang menyatukan tari dan distorsinya dengan kepekaan dramatis untuk memungkinkan tubuh menjadi penutur cerita.”
Kate Denborough

Potret singkat
Tema yang beragam dan estetika yang giat
Kate Denborough sangat terpandang di Australia sebagai direktur artistik Kage Physical Theatre dan sebagai sutradara lepas untuk tari dan performance. Estetikanya giat. Kerjanya pada umumnya banyak melibatkan tata panggung dan perlengkapan dan ia merasa nyaman bekerja sama baik dengan penari maupun dengan pemeran. Pementasan Kage sering mencakup bagian teks yang integral. Sebagai koreografer ia tidak ragu-ragu untuk memasukkan isu sosial atau politik. Tema-temanya beragam dan mencakup produksi yang membahas penjahat muda, proses menjadi tua, kultus kiamat, atau alienasi. Pilihan Denborough dalam hal penampil mencerminkan keberagaman yang serupa: Laki-laki tua, anak-anak atau pemeran setengah baya muncul di samping penari muda yang bugar di dalam karya-karyanya. Appetite termasuk produksi khas Kage: Bintang televisi terkenal dan beberapa penari terbaik Australia melakoni kisah anarkis, suram dan khidmat mengenai kehidupan modern berdasarkan naskah tanpa respek karya seorang penulis teater kondang.
Sampai sekarang Kage memang belum melakukan tur besar di Australia atau di luar negeri, tetapi sudah berhasil secara kontinyu mementaskan karya-karya penuh ambisi, serta membina hubungan erat dengan penyelenggara penting, antara lain Melbourne Internasional Arts Festival, yang menjadi koproduser Nowhere Man (2003) dan Appetite (2008).
Headlock, yang telah dipertunjukkan di Melbourne, Sydney dan Adelaide, merupakan produksi Kage yang berkeliling paling jauh. Karya yang mengambil tempat di dalam ring gulat berkisah tentang tiga bersaudara, dengan salah satu dari mereka menghabiskan malam pertamanya di penjara. Headlock mencekam, tetapi sekaligus puitis dan terutama menyapa penonton muda. Justru dalam proses penciptaannya Look Right Through Me merupakan kerja sama yang sangat menjanjikan dengan penggambar terkenal Australia Michael Leunig. /Sophie Travers

Produksi (Seleksi)
Tourbar
Sundownder (dalam proses)
Look Right Through Me (pementasan perdana awal 2011) – siap tur
Appetite (2008)
Ink (2006)
Headlock
(2006)

Lain-lain
Nowhere Man (2004)
Underground (2002)
The Collapsible Man (2001)
Misfit (2001)
Birthday (2000)
No (Under)Standing Anytime (2000)
This Side Up (1999)
Contamination (1998)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar