Kate Denborough
Kate Denborough menyelesaikan
sekolah tari di Victorian College of the Arts pada tahun 1994, setelah
sebelumnya mengikuti pendidikan di Canberra. Pada tahun 1996 ia mendirikan Kage
Physical Theatre bersama Gerard Van Dyck. Sebagai pemimpin Kage, Denborough
terlibat dalam berbagai fungsi pada semua produksi ansambel itu: Ia
mengembangkan karya-karya itu, menjadi sutradara dan/atau berdiri di atas
panggung. Pada tahun 2004 Denborough meraih Australian Dance Award untuk
pencapaian yang menonjol di bidang tari bebas untuk produksinya Nowhere Man
bersama Kage.
Denborough sudah berkolaborasi dengan ansambel seperti
Chunky Move, Australian Dance Theater, serta compagnie par.b.leux (Montreal).
Pada tahun 2003 ia menjadi koreografer selama kunjungan kerjanya di Dance Box
di Osaka. Sebagai pemimpin kelompok yang terdiri dari enam seniman Australia ia
melakukan kunjungan kerja ke Nagoya, Jepang, pada tahun 2005 dalam rangka World
Expo. Belum lama ia menyutradarai pertunjukan solo Frank Woodley Possessed
dan menjadi koreografer Pink Lines untuk Tasdance.
Pernyataan seniman
“Ambillah
keemosionalan dan resonansi opera.
Lebih-lebihkan
keduanya.
Tuangkan
ke dalam wujud ragawi.
Kemudian
hilangkan nyanyian.
Dan
kedipkanlah mata.
Ambillah
sensualitas seorang penari dan berikan kepada seorang pegulat.
Ambillah
nonsens yang mengasyikkan dan ubahlah menjadi keindahan.
Sebagai koreografer saya berupaya menghasilkan karya yang
sama seringnya diterima dengan rasa seperti dengan akal: Penampilan fisikal
yang secara teknis menantang dan secara visual mengejutkan, yang menjadi
landasan untuk mengolah kesubtilan dari pengalaman. Kerja saya sangat
dipengaruhi oleh penampil yang memiliki baik kecakapan jasmani maupun kemampuan
berperan. Saya ingin berkarya bersama pemeran-pemeran multibakat, yang bersedia
melakukan eksperimen dengan bahasa penampilan yang baru dan menyelaminya. Di
dalam karya-karya saya, saya berupaya meleburkan intuisi yang kuat untuk desain
visual dengan tari yang sangat fisikal, bahkan nyaris akrobatis, serta dengan
teks dan drama. Gairah saya ada pada tari yang memancing tawa dan yang
berkomunikasi dengan bahasa yang mudah dipahami dan orisinal.
Proses kerja saya banyak melibat improvisasi dan ‘pemberian
tugas’. Saya suka bereksperimen dengan gerakan dan gagasan melalui tubuh-tubuh
yang berbeda. Saya dengan senang hati mendorong para penari untuk mengembangkan
bahasa gerak masing-masing, yang membedakan mereka dari orang lain. Saya
terinspirasi oleh teater absurd. Saya sering menemukan ilham di dalam sketsa
dan karakter dari kehidupan saya sehari-hari. Saya menikmati kerja sama dengan
orang-orang yang memiliki latar belakang dan kisah hidup yang berbeda-beda.
Kerja saya merayakan kemanusiaan yang umum, tokoh-tokoh yang
sangat biasa, dan menggarisbawahi kemesraan ragawi melalui adegan-adegan yang
mengejutkan dan penuh humor dari kehidupan sehari-hari. Estetika saya bisa
dilihat sebagai gabungan gaya dan jiwa performance yang khas, yang
menyatukan tari dan distorsinya dengan kepekaan dramatis untuk memungkinkan
tubuh menjadi penutur cerita.”
Kate
Denborough
Potret
singkat
Tema
yang beragam dan estetika yang giat
Kate Denborough sangat terpandang di Australia sebagai
direktur artistik Kage Physical Theatre dan sebagai sutradara lepas untuk tari
dan performance. Estetikanya giat. Kerjanya pada umumnya banyak
melibatkan tata panggung dan perlengkapan dan ia merasa nyaman bekerja sama
baik dengan penari maupun dengan pemeran. Pementasan Kage sering mencakup
bagian teks yang integral. Sebagai koreografer ia tidak ragu-ragu untuk
memasukkan isu sosial atau politik. Tema-temanya beragam dan mencakup produksi
yang membahas penjahat muda, proses menjadi tua, kultus kiamat, atau alienasi.
Pilihan Denborough dalam hal penampil mencerminkan keberagaman yang serupa:
Laki-laki tua, anak-anak atau pemeran setengah baya muncul di samping penari
muda yang bugar di dalam karya-karyanya. Appetite termasuk produksi khas
Kage: Bintang televisi terkenal dan beberapa penari terbaik Australia melakoni
kisah anarkis, suram dan khidmat mengenai kehidupan modern berdasarkan naskah
tanpa respek karya seorang penulis teater kondang.
Sampai sekarang Kage memang belum melakukan tur besar di
Australia atau di luar negeri, tetapi sudah berhasil secara kontinyu
mementaskan karya-karya penuh ambisi, serta membina hubungan erat dengan
penyelenggara penting, antara lain Melbourne Internasional Arts Festival, yang
menjadi koproduser Nowhere Man (2003) dan Appetite (2008).
Headlock,
yang telah dipertunjukkan di Melbourne, Sydney dan Adelaide, merupakan produksi
Kage yang berkeliling paling jauh. Karya yang mengambil tempat di dalam ring
gulat berkisah tentang tiga bersaudara, dengan salah satu dari mereka
menghabiskan malam pertamanya di penjara. Headlock mencekam, tetapi
sekaligus puitis dan terutama menyapa penonton muda. Justru dalam proses
penciptaannya Look Right Through Me merupakan kerja sama yang sangat
menjanjikan dengan penggambar terkenal Australia Michael Leunig. /Sophie
Travers
Produksi
(Seleksi)
Tourbar
Sundownder (dalam proses)
Sundownder (dalam proses)
Look Right Through Me (pementasan perdana awal 2011) –
siap tur
Appetite (2008)
Ink (2006)
Headlock (2006)
Lain-lain
Nowhere Man (2004)
Underground (2002)
The Collapsible Man (2001)
Misfit (2001)
Birthday (2000)
No (Under)Standing Anytime (2000)
This Side Up (1999)
Contamination (1998)
Appetite (2008)
Ink (2006)
Headlock (2006)
Lain-lain
Nowhere Man (2004)
Underground (2002)
The Collapsible Man (2001)
Misfit (2001)
Birthday (2000)
No (Under)Standing Anytime (2000)
This Side Up (1999)
Contamination (1998)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar