Sabtu, 23 Maret 2013

Biografi Tokoh Mancanegara



Stephen Baynes
 
Stephen Baynes (lahir 1956 di Adelaide, South-Australia) sejak 1995 menjadi koreografer permanen Australian Ballet. Ia belajar dari Joanne Priest dan lulus tahun 1975 dari Australian Ballet School. Ia pernah menari untuk Australian Ballet dan Stuttgarter Ballett, dan bekerja sama dengan koreografer seperti Kenneth MacMillan, John Neumeier, William Forsythe dan Hans van Manen. Baynes pernah membuat koreografi untuk La Scala Ballet, Sydney Dance Company, West Australian Ballet, Pacific Northwest Balled serta Diamond Project dari New York City Ballet.

Pernyataan seniman
“Inspirasi saya selalu musik. Saya ingin menafsirkan suatu karya musik besar melalui gerakan, untuk memberinya wujud teatrikal. Ini tidak harus dilakukan dengan cara bertutur, meskipun di dalam suatu koreografi selalu terdapat penuturan emosional dengan kebenaran emosional yang kuat. Saya beranggapan bahwa tari dalam bentuk abstrak dapat mencetuskan cerita di dalam imajinasi, sama seperti musik menciptakan narasi bagi para pendengar. Saya bekerja sama erat dengan para penata panggung dan kostum untuk menghasilkan suatu kesatuan utuh dari estetika karya bersangkutan dan gema emosionalnya. Saya harus merasakan kesatuan di antara yang terlihat dan yang terdengar, dan seorang penata set yang hebat membantu saya mencapai kedalaman yang memungkinkan penonton menemukan akses individual dan pribadi ke karya tersebut.” Stephen Baynes

Potret singkat
Instrumentalisasi gerakan
Stephen Baynes adalah satu dari dua koreografer permanen Australian Ballet. Sementara karier internasionalnya masih dalam tahap perkembangan, di Australia ia telah mapan dan sudah menghasilkan karya untuk semua ansambel balet Australia serta untuk Sydney Dance Company.
Baynes sejak tahun 1976 menari bersama Australian Ballet. Meskipun begitu, ambisinya di bidang koreografi justru muncul pada masa dua tahun di dasawarsa 1980-an, ketika ia berada di luar ansambel itu dan bekerja dengan koreografer seperti Jiri Kylian, William Forsythe dan Kenneth MacMillan di Stuttgarter Ballett. Keikutsertaannya pada berbagai lokakarya koreografi di Stuttgarter Ballett menimbulkan dorongan dalam diri Baynes, yang kemudian membedakannya dari rekan-rekannya ketika ia kembali ke Australian Ballet. Pada tahun 1986 ia menggubah Strauss Songs untuk sebuah lokakarya koreografi. Maina Gielgud, pimpinan ansambel pada waktu itu, menjadi mentor baik bagi Baynes maupun bagi Stanton Welch dengan mendukung keduanya untuk membangun karier di bidang koreografi. Semua pimpinan ansambel sesudahnya melakukan hal yang sama.

Gaya yang cool dan elegan
Karya pertama Baynes untuk Australian Ballet adalah Catalyst pada 1990, yang meraih suskes dalam tur nasional. Pada tahun 1995 ia telah menjadi koreografer permanen. Selanjutnya ia menghasilkan sejumlah produksi yang memperoleh pengakuan. Raymonda dari tahun 2006 merupakan karya karakteristik yang mengedepankan gaya Baynes yang cool dan elegan. Balet ini cermat, romantis dan disesuaikan dengan para penari yang dikenal baik olehnya.
Karya Baynes sangat musikal dan mengikuti partitur yang kuat dengan bahasa koreografis yang mencermin gerakan orkestra. Ia bekerja sama erat dengan para penata dan perancang. Selalu saja terbentuk suatu lukisan dari tata panggung dan kostum yang sesuai dengan suasana musik dan koreografi. Semua produksi berkesan sangat koheren dan selaras, dan tidak menunjukkan minat terhadap kekacauan dan ketidakharmonisan. Yang dipentingkan adalah konten emosional. Para penari dituntut untuk menghayati gerakan dan drama yang terkandung di dalamnya.
Meskipun daftar karya pesanan internasional Baynes relatif pendek dengan sejumlah karya untuk Diamond Project dari New York City Ballet, Pacific Northwest Ballet di Seattle dan La Scala Ballet, ia terus membangun reputasinya di Australia. /Sophie Travers

Produksi (seleksi)
Night Path (2008)
Constant Variants (2007)
Raymonda (2006)
Beyond Bach (2005)
Southern Lights (2004)
Molto Vivace (2003)
Personal Best (2000)
Catalyst (1990)
1914 (1998)
At the edge of night (1997)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar