Senin, 14 Mei 2012

Pergaulan Remaja

A.    Pergaulan Remaja di Era Globalisasi
          ERA Globalisasi, itulah yang kita rasakan di dalam kehidupan kita saat ini. Semua serba praktis, semua serba bebas, dan mendunia. Globalisautridasal dari kata ‘Global’ yang artinya uutridal atau menyeluruh, jadi Globalisasi adalah suatu proses sosial yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia makin terkait satu sama lain, Yang mewujudkan kehidupan baru dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi dan budaya masyarakat.
Globalisasi pun mempunyai pengaruh positif dan pengaruh negatifnya. Kaitannya dengan kegiatan anak muda zaman sekarang yang penuh dengan imajinasi dan kreativitas yang tinggi. Pengaruh positifnya, antara lain, dengan globalisasi maka muncullah hasil teknologi yang canggih, di antaranya yaitu utride dan internet yang membantu siswa untuk menambah wawasan baru dengan mencari informasi.

Sementara pengaruh negatifnya, misalnya, kemajuan teknologi yang menghasilkan alat-alat canggih seringkali disalahgunakan oleh para remaja untuk hal-hal yang tidak baik, seperti :
(1)  Penggunaan internet hanya ingin melihat gambar ataupun video yang tidak pantas dilihat  oleh anak-    anak
(2) Penggunaan HP yang hanya untuk gaya-gayaan saja.
(3) Mengikuti kebiasaan bangsa lain yang kurang baik, misalnya gaya rambut, gaya hidup, model pakaian, dan juga Pergaulan Bebas.

Dengan adanya Era Globalisasi, muncullah World Culture atau budaya dunia yang membuat para remaja di seluruh dunia mengikutinya. Bila kita membicarakan tentang dampak utride dari globalisasi, kita akan membicarakan tentang kekurangan dan apa saja bahaya dari dampak globalisasi. Kita ambil contoh yaitu pergaulan bebas yang kini semakin menjalar dan semakin mengkhawatirkan di kalangan remaja Indonesia.
Penyalahgunaan teknologi dan pergaulanlah yang mengawali adanya pergaulan bebas di kalangan remaja, saat ini media yang sering digunakan untuk mendapatkan semua hal tentang pergaulan bebas adalah internet, dan internet pula yang sering digunakan untuk menyebarluaskan segala informasi seperti gambar, video, dan lainnya.
Tidak hanya itu saja media yang digunakan untuk menyebarluaskan informasi pergaulan bebas, sering kali merekapun menggunakan HP untuk menyebarluaskannya. Video dan gambar yang mereka sebarkan berisi video dengan merekam dirinya sendiri dan lawan jenisnya yang sedang melakukan hubungan atau pun sedang keadaan tak berbusana,dan lain-lain. Dampak dari                                                   
semua itu adalah menyebarnya penyakit masyarakat ke semua orang diseluruh dunia, bahkan itupun  mengenai anak-anak di bawah umur.
Data pemerintah menyebutkan bahwa sekitar 30 persen siswi di Indonesia sudah tidak virgin lagi, kemudian sekitar 39% masyarakat Indonesia mengidap AIDS, dan banyak video atau gambar di internet yang memajang tubuh para remaja Indonesia. Kejadian ini membuat pemerintah dan semua lapisan masyarakat khawatir akan masa depan bangsa ini.
Lingkungan sekitarlah yang sangat berperan dalam menjadikan jati diri seorang pelajar, seperti lingkungan rumah dan lingkungan sekolah. Pergaulan yang kurang baik akan membuat seorang pelajar berperilaku kurang baik juga. Peran orang tua pun sangat berpengruh, dalam pembentukan perilaku dan kepribadian seorang siswa.

Berikut beberapa cara untuk menghindari pergaulan bebas, yaitu:

1. Pintar-pintarlah memilih kawan
2. Perdalamlah ilmu agama yang kalian anut
3. Bersikap baik dan selektif mengambil tindakan

Mudah-mudahan kita semua terjauh dari yang namanya pergaulan bebas dan kita dapat menyongsong masa depan yang gemilang dan berprestasi dalam bebagai bidang yang kita kuasai.


B.        Kenakalan Remaja Jaman Sekarang

Di jaman sekarang ini coba kita tengok kelakuan remaja jaman sekarang? Wah wah banyak yang berkelakuan negatifnya di bandingkan positifnya. Waduh parah nich generasi muda jaman sekarang. Coba kita tengok gambar berikut:

1.           Merokok

Coba lihat gambar di atas contoh tidak baik dari kenakalan remaja, apalagi merka adalah remaja utrid. Tidak hanya untuk seorang putri, putra juga seharusnya tidak merokok. Karena merkok banyak menyebabkan kerugian pada dirinya sendiri maupu orang lain

2. Tawuran

Tawuran antar pelajar biasanya hanya berawal dari masalah sepele misalnya masalah cewek, genk motor atau saling mengejek. Padahal biasanya Cuma satu orang tapi solidaritas teman-teman  yang luar biasa tapi mereka salah menempatkan hal tersebut.

3. Makan dan Minum Barang Terlarang

 Hal ini biasanya terjadi akibat remaja tersebut stres dan mungkin ada permasalahan dengan orang tua. di tambah lagi dengan bujukan dari teman yang salah dan mencarikan solusi yang tidak baik yaitu minum dan makan barang terlarang seperti alkohol dan narkoba. padahal seharusnya sebagai remaja yang bisa berpikir positif hal tersebut sangat merugikan dan lebih baik jangan sekali-kali mencoba hal ini karena bila sudah terjerat sulit untuk melepaskannya.

 
4.  Pergaulan Bebas

 Pergaulan bebas juga sangat berbahaya karena biasanya remaja yang terjerat dengan ini kehidupanya sudah tidak ingin di atur dia pasti inngin hidup bebas tanpa aturan apalagi yang paling sering terdengar akibat dari pergaulan bebas adalah sex bebas. coba pikir lagi sebelum bertindak bersikaplah positif.

C.     Cara dan Kegiatan – kegiatan Positif Remaja
1.      Mengaji atau Beribadah.

 Mengikuti pengajian atau beribadah adalah tindakan positif yang sangat bermanfaat yaitu kita bisa lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan membuat hidup kita menjadi nyaman dan tentram.Tatapi di zaman sekarang mengaji , atau beribadah sudah sangat jarang di lihat , apa lagi kalau di kota – kota metropolitan ,

2.    Berprestasi Dan Belajar

Dengan Belajar tentu kita akan mendapatkan prestasi tapi di zaman sekarang Belajar adalah kegiatan yang langka yang dilakukan oleh remaja – remaja di desa ataupun di kota .

3.        Melihat Ke Depan

Kita di tuntut berorientasi ke masa depan. lebih baik melihat ke depan yang cerah daripada kita melihat masa lalu yang suram. jadi bila kita sudah terlanjur berbuat kesalahan di masa lalu lebih baik sekarang kita melihat ke masa depan yang lebih baik dan cerah.


D.    Kenakalan Remaja, Faktor Penyebab dan Tips Menghadapinya


Kenakalan remaja di era modern ini sudah melebihi batas yang sewajarnya. Banyak anak dibawah umur yang sudah mengenal Rokok, Narkoba, Freesex, dan terlibat banyak tindakan kriminal lainnya. Fakta ini sudah tidak dapat diungkuri lagi, anda dapat melihat brutalnya remaja jaman sekarang. Dan saya pun pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri ketika sebuah anak kelas satu SMA di kompelks saya, ditangkap/diciduk POLISI akibat menjadi seorang bandar gele, atau yang lebih kita kenal dengan ganja.
Hal ini semua bisa terjadi karena adanya faktor-faktor kenakalan remaja berikut:
- kurangnya kasih sayang orang tua.
- kurangnya pengawasan dari orang tua.
- pergaulan dengan teman yang tidak sebaya.
- peran dari perkembangan iptek yang berdampak negatif.
- tidak adanya bimbingan kepribadian dari sekolah.
- dasar-dasar agama yang kurang
- tidak adanya media penyalur bakat dan hobinya
- kebasan yang berlebihan
- masalah yang dipendam

Dan tips untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja, yaitu:
Ø Perlunya kasih sayang dan perhatian dari orang tua dalam hal apapun.
Ø Adanya pengawasan dari orang tua yang tidak mengekang. contohnya: kita boleh saja membiarkan dia melakukan apa saja yang masih sewajarnya, dan apabila menurut pengawasan kita dia telah melewati batas yang sewajarnya, kita sebagai orangtua perlu memberitahu dia dampak dan akibat yang harus ditanggungnya bila dia terus melakukan hal yang sudah melewati batas tersebut.
Ø Biarkanlah dia bergaul dengan teman yang sebaya, yang hanya beda umur 2 atau 3 tahun baik lebih tua darinya. Karena apabila kita membiarkan dia bergaul dengan teman main yang sangat tidak sebaya dengannya, yang gaya hidupnya sudah pasti berbeda, maka dia pun bisa terbawa gaya hidup yang mungkin seharusnya belum perlu dia jalani.
Ø Pengawasan yang perlu dan intensif terhadap media komunikasi seperti tv, internet, radio, handphone, dll.
Ø Perlunya bimbingan kepribadian di sekolah, karena disanalah tempat anak lebih banyak menghabiskan waktunya selain di rumah.
Ø Perlunya pembelanjaran agama yang dilakukan sejak dini, seperti beribadah dan mengunjungi tempat ibadah sesuai dengan iman kepercayaannya.
Ø Perlu mendukung hobi yang dia inginkan selama itu masih positif untuk dia. Jangan pernah kita mencegah hobinya maupun kesempatan dia mengembangkan bakat yang dia sukai selama bersifat Positif. Karena dengan melarangnya dapat menggangu kepribadian dan kepercayaan dirinya.
Ø Sebagai orang tua harus menjadi tempat CURHAT yang nyaman untuk anak anda, sehingga anda dapat membimbing dia ketika ia sedang menghadapi masalah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar