Sabtu, 23 Maret 2013

Biografi Tokoh Mancanegara



Lucy Guerin
Lahir di Adelaide, Australia, Lucy Guerin menyelesaikan pendidikannya di Centre for Performing Arts tahun 1982 sebelum bergabung dengan kelompok Russell Dumas (Dance Exchange) dan Nanette Hassall (Danceworks). Pada 1989 ia pergi ke New York kemudian tinggal selama tujuh tahun dan menari bersama Tere O’Connor Dance, Bebe Miller Company dan Sara Rudner.

Kini tinggal di Melbourne, Lucy Gueerin pernah diminta membuat karya antara lain oleh Chunky Move, Ros Warby, Woo Co (Denmark), Ricochet (UK), The Berlin Literature Festival (bersama penyair Michael Lenz), JCDN/Hirano (Jepang), Dance Works Rotterdam dan Mikhail Baryshnikov’s White Oak Dance Project (USA). Pada 2002 ia mendirikan kelompok tarinya sendiri – Lucy Guerin Inc. Karya terbaru Lucy Guerin Inc antara lain adalah Structure and Sadness, Corridor, dan Untrained. Lucy pernah berkolaborasi dalam sebuah proyek dengan perupa David Rosetzky, ACMI screen gallery, Melbourne Symphony Orchestra, dan Australian Opera.


Pernyataan Seniman
“Mengawali sebuah karya tari baru menuntut penggunaan banyak waktu di studio untuk mengembangkan pendekatan atau proses koreografi yang mampu mencerahkan serta relevan dengan pokok masalah yang digarap. Begitu proses ini menemukan jalannya sendiri melalui serentetan eksperimen dengan cepat ia akan menuntun dan membentuk isi dari karya yang sedang dikerjakan. Metode yang dipilih erat terkait dengan makna tarian dan ekspresi ragawi para penari pun menjadi alat utama untuk mengkomunikasikan gagasan tari kepada penonton.
Sejumlah persyaratan formal diartikulasikan ke dalam karya yang dibuat untuk dicermati dan didefinisikan ulang berdasarkan emosi dan kejadian sehari-hari. Sekalipun karya yang dibuat memasukkan unsur media seperti proyeksi gambar, set, teks, suara dan bunyi, namun eksplorasinya selalu bersifat koreografis, sehingga menghadirkan rasa dan nuansa yang tak mungkin dihasilkan atau dikomunikasikan lewat bentuk seni yang lain.”
Lucy Guerin



Potret singkat
Lucy Guerin amat teliti
Lucy Guerin adalah tokoh kunci dalam dunia tari kontemporer di Melbourne. Sebelum mendirikan kelompok tarinya sendiri, Lucy Guerin Inc. pada 2002, ia sudah banyak diminta membuatkan karya bagi kelompok-kelompok seni pertunjukan utama di kotanya. Guerin menghabiskan waktu tujuh tahun untuk menari di New York, tempat ia mengembangkan perhatian dan kecermatannya terhadap detil yang kemudian menjadi ciri khas karya-karyanya.
Lucy Guerin Inc. menempati sebuah studio yang sangat nyaman di pusat kota Melbourne. Di studio ini Guerin menyelenggarakan kelas tari di samping juga mengembangkan dan menyelesaikan karya-karyanya. Guerin memberikan dukungan kuat bagi pertumbuhan seniman-seniman muda misalnya melalui forum First Run sebuah program yang khusus menampilkan karya-karya baru yang dikuratori oleh seniman-seniman mandiri Melbourne dan Pieces for Small Spaces, program yang diselenggarakan sendiri setiap tahun oleh Lucy Guerin dengan memberi komisi kepada sejumlah koreografer untuk membuat dan menampilkan karyanya di studio Guerin atau ruang-ruang pentas kecil yang ada di lingkungan sekitarnya.
Guerin mengembangkan repertoar tari beragam yang dibangun berdasarkan kepopuleran salah satu produksi pertamanya yaitu Love Me, sebuah trio nomor-nomor pendek yang ia ciptakan pada 2005. Love Me merupakan sebuah jendela untuk mengamati semangat tinggi Guerin dalam mensintesekan imaji grafis yang bergerak, koreografi, desain, dan musik orisinal. Dikonstruksikan secara ketat, setiap karya mendemonstrasikan penghargaan tinggi Guerin terhadap aspek-aspek teatrikal.
Koreografi Guerin sangat rinci, bahkan jari jemari tangan dan kaki serta wajah pun dikoreografikan dengan saksama sebagaimana juga duetnya yang berkesan kuat. Ia bekerja dengan tema-tema yang kuat. Sementara Love Me terus membuat Guerin mendapatkan banyak undangan dari luar negeri, Structure and Sadness yang diciptakan pada 2006 juga mulai mendapatkan undangan dari luar negeri sekali pun digarap berdasarkan kejadian setempat yaitu runtuhnya sebuah jembatan bersejarah di kota Melbourne. Dalam produksi ini Guerin menyampaikan keprihatinan dunia akan urbanisasi dan kemajuan melalui cara yang sangat intim sebagaimana ia menyentuh soal teknologi komunikasi dalam karyanya Aether. Karya terbaru Guerin, Untrained, bermain-main dengan estetika yang lebih longgar dan dipengaruhi pengalaman perjalanannya ke Eropa namun tetap ditandai dengan kepiawaian dan kecermatan Guerin yang khas dan eksperimental. /Sophie Travers

Karya (Terpilih)
Untrained (2009)
Corridor (2008)
Structure and Sadness (2006)
Aether (2005)
Love me (2005) - a program of three works
Plasticine Park (2003)
The Ends of Things (2000)
Robbery Waitress on Bail (1997)
Incarnadine (1994)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar